Serba-serbi September

 September. 

Aku pernah selalu merasa trauma dengan bulan ini sejak tahun 2013. September membawaku pada kenangan yang cukup pahit sehingga ketika bulan ini datang, aku selalu berharap bulan ini berlalu dengan cukup cepat sampai aku tidak menyadari bahwa bulan September yang berisi 31 hari ini berlalu begitu saja. Tapi hari ini, aku sudah tidak takut lagi dengan September. Luar biasa memang waktu dapat menyembuhkan ya? 

Saat itu umurku mungkin masih di awal 20 tahun-an. September pertama di mana patah hati itu muncul dari orang yang paling aku sayangi saat itu. Hubungan yang seharusnya tidak pernah terjadi membawaku pada jinx bulan September yang membuatku berpikir bahwa bulan ini adalah bulan kesialan. Putus cinta? Ayahku masuk rumah sakit? dan berbagai kesialan yang terjadi selama bertahun-tahun. Bahkan sampai dengan tahun lalu, bulan September masih menjadi bulan kesialan bagiku. Sungguh jinx yang mengerikan. 

Memang benar bahwa kekuatan pikiranmu dapat mengubah hal yang baik menjadi buruk, pun dapat mengubah hal yang buruk menjadi baik. September dan serba-serbinya selalu memberi warna yang aneh setiap tahunnya mulai dari tahun 2013. Aku yang dulu mungkin akan selalu mengingat tanggal 30 September sebagai hari peringatan putus cinta terparah yang kualami. hahaha. Lucu sih, padahal 7 tahun kemudian, ada patah hati yang lebih dasyat lagi dari 30 September 2013. 

Percayalah bahwa waktu dapat menyembuhkan jika kita percaya. Aku dan serba-serbi Septemberku pernah membuatku ketakutan setiap kali bulan ini datang, dan hari ini aku bahkan tidak merasakan apa-apa lagi tentang bulan ini seakan-akan luka itu tidak pernah ada. Hebat memang kekuatan waktu. Rasa takut akan pengalaman pahit yang akan terjadi di bulan ini sudah tidak pernah muncul lagi. Padahal facebook on this day ku memberikan peringatan tentang status facebookku setiap tahun yang berbunyi "I hate September". Lucu. Aku sudah tidak lagi membenci September. Perasaan itu seakan-akan tidak pernah hadir di masa lalu. Hebat, ya? 

Mungkin Juli dan Desember 2020 juga tidak akan lagi menjadi tanggal yang membuatku sedih, aku percaya bahwa waktu memang bisa menyembuhkan walau harus bersabar sampai aku tidak merasakan apa-apa lagi. September sudah bukan bulan yang buruk lagi. Pun bulan-bulan yang lain. 

Semoga. 

Popular Posts